Beberapa jenis buah kering dan manfaatnya 

Beberapa jenis buah kering dan manfaatnya 

Tentang Buah kering

Banyak orang yang merasa bosan hidup sehat karena harus makan buah, sayur, makanan tanpa gula dan garam. Siapa bilang membuat tubuh sehat membosankan? Ada begitu banyak makanan sehat, bergizi, manis dan super lezat salah satunya adalah buah kering.

Sudah dari jaman dahulu orang tidak hanya mengonsumsi buah segar secara langsung saja, tetapi juga dikeringkan untuk dijadikan camilan manis. Buah kering sudah ada seribu tahun yang lalu berdasarkan catatan budaya Persia dan Arab. Sejarah perjalanan buah kering selanjutnya ditemukan pada abad ke- 19 dimana orang Amerika Utara menjadikan ceri dan cranberry buah kering untuk dibawa sebagai makanan saat melakukan perjalanan jauh.

Banyak orang yang mengonsumsi buah kering karena rasanya yang manis dan padat energi.Sampai saat ini buah kering semakin populer untuk dijadikan sebagai camilan atau tambahan pada roti panggang.

Ada beragam buah yang dijadikan buah kering dan terdapat manfaat di dalamnya. Berikut ini adalah daftarnya

1. Kismis

Kismis merupakan anggur kering yang sering ditambahkan sebagai penghias kue atau roti.  Dikemas dengan beberapa nutrisi seperti vitamin, mineral, polifenol, antioksidan, dan fitonutrien membuat kismis bermanfaat bagi kesehatan. Selain itu, kandungan serat dan kalium juga turut mendukung kismis dalam mempromosikan sebagai makanan sehat. Tidak hanya itu, kismis  juga memiliki nilai indeks glikemik dan insulin yang rendah yang artinya tidak menyebabkan lonjakan besar dalam gula darah atau kadar insulin dalam tubuh.

Berdasarkan hasil penelitian, kismis terbukti bermanfaat untuk

  • Mengontrol kadar gula darah
  • Menurunkan gejala inflamasi
  • Menyebabkan kenyang lebih lama
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Memperlancar proses buang air besar
  • Menurunkan risiko penyakit jantung
  • Mencegah kanker karena kismis mengandung katekin sehingga memberikan manfaat antikarsinogenik.
  • Menurunkan risiko diabetes tipe 2

2. Plum

Plum sering dijadikan sebagai buah kering. Buah kering satu ini sangatlah bergizi sebab kaya akan potassium, serat, beta karoten yang merupakan vitamin A jika masuk ke dalam tubuh, dan vitamin K.

Serat yang terkandung di dalamnya tinggi beserta sorbitol membuatnya dikenal sebagai pencahar alami. Oleh karena itu, mengkonsumsi plum membuat proses buang air besar menjadi lancar dan efektif mengatasi sembelit dibandingkan obat lainnya. Selain itu, karena serat inilah yang membuat plum lebih mengenyangkan dan tidak menyebabkan kadar gula darah melonjak.

Kandungan antioksidan yang hebat membuat plum dapat menghambat oksidasi kolesterol dan membantu mencegah penyakit jantung dan kanker. Mineral yang tinggi di dalamnya yang disebut boron juga mampu membantu melawan osteoporosis.

3. Kurma

Kurma menjadi makanan khas di bulan Ramadhan. Buah khas timur tengah ini punya beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Berbagai nutrisi seperti serat, potassium, zat besi dan lainnya terkandung dalam kurma. Antioksidan yang terkandung di dalamnya juga tinggi yang berperan dalam pengurangan kerusakan oksidatif dalam tubuh.

Kurma sama seperti plum, saat dikonsumsi dalam jumlah banyak tidak menyebabkan lonjakan besar dalam kadar gula darah karena memiliki indeks glikemik rendah. Selain itu, buah ini juga kaya serat yang membantu pencernaan dan mencegah sembelit sehingga buang air besar akan teratur dan lancar.

Mengkonsumsi kurma dapat membantu meningkatkan fungsi otak. Berdasarkan hasil penelitian, kurma menurunkan tanda inflamasi seperti interleukin 6 di otak. Tingkat interleukin 6 yang tinggi membuat risiko penyakit neurodegeneratif yang lebih tinggi seperti Alzheimer.

4. Kiwi

Kiwi kering memang jarang ditemui di Indonesia namun ini mempromosikan kesehatan. Buah kering ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan ini juga baik meningkatkan asupan zat besi dan kalsium dimana dalam satu porsi kiwi kering menyediakan 4 persen kalsium.

Buah kering berwarna hijau ini sumber antioksidan yang kuat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mencegah berbagai penyakit pernapasan seperti asma. Kandungan lutei dan zeaxanthin dalam kiwi kering juga dapat meningkatkan penglihatan. Vitamin C dalam kiwi dua kali lipat lebih besar dari jeruk dan ini juga rendah kalori dan kaya akan vitamin E dan K, potassium, dan folat.

Itulah beberapa buah kering yang bisa dikonsumsi agar bisa mendapat nutrisi dan gizi yang baik untuk menjaga kesehatan.

Tags: , ,